Seperti kita ketahui bahwa jenis asuransi kesehatan memang cukup beragam. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengetahui dan mengenal apa saja jenisnya sebelum memutuskan untuk memiliki asuransi kesehatan tersebut. Dengan mengetahui jenisnya maka Anda setidaknya dapat memiliki asuransi sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, tidak merasa salah pilih dikemudian hari. Salah satu keuntungan dengan memiliki asuransi kesehatan maka jaminan kesehatan Anda beserta keluarga kedepannya dapat lebih terjamin.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja jenis dari asuransi kesehatan, maka Anda perlu untuk menyimak penjelasan berikut ini sebelum memutuskan memiliki sebuah asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Pihak Tertanggung

Jenis asuransi yang pertama yaitu didasarkan atas pihak tertanggung. Pihak tertanggung disini dibedakan atas individu dan kelompok. Untuk jenis asuransi individu berarti jaminan pengobatan hanya untuk perorangan saja, jadi tidak dapat digunakan oleh orang lain.

Sedangkan untuk jenis asuransi kelompok berarti jaminan pengobatan hanya untuk beberapa orang seperti perusahaan, organisasi, keluarga dan lain-lain. Jadi, Anda perlu menentukan mana yang paling dibutuhkan.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis Perawatan

Jenis asuransi kesehatan berikutnya yang perlu Anda ketahui ialah didasarkan atas jenis perawatannya. Maksud dari jenis perawatan di sini terdiri atas dua yaitu perawatan rawat inap dan rawat jalan.

Jika Anda sedang menjalani perawatan rawat inap, maka asuransi yang akan menanggung biaya pengobatan Anda selama berada di rumah sakit. Sedangkan untuk jenis rawat jalan, asuransi akan menanggung biaya konsultasi dan berobat jalan Anda.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Pengelolaan Dana

Jenis asuransi selanjutnya adalah berdasarkan pengelolaan dana. Maksud dari pengelolaan dana di sini adalah apakah asuransi dikelola oleh pemerintah atau pihak swasta. Kondisi sekarang sudah banyak sekali asuransi swasta yang ada. Sebagai contoh adalah asuransi kesehatan dari Prudential yaitu PRUhospital & surgical cover.

Itulah beberapa jenis asuransi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui jenis-jenis asuransi ini setidaknya dapat memberikan gambaran bagi Anda yang tengah berencana memiliki asuransi kesehatan.



0 Komentar