Di jaman yang modern, hampir sangat jarang ada orang yang membuat rumah dengan model rumah yang besar. Model yang dipilih ini disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Selain itu juga disesuaikan dengan luas lahan. Lahan di perkotaan yang cenderung tidak seluas lahan yang ada di desa. Maka dari itulah memiliki rumah sendiri saja sudah merupakan pencapaian terbaik di tengah tingginya tingkat perekonomian di jaman modern ini, sehingga tidak perlu kost atau mengontrak rumah lagi.

Rumah yang berbentuk kecil ini disebut dengan gaya rumah minimalis. Sebuah gaya rumah elegan yang tidak besar namun juga tidak terlalu kecil. Dengan penataan yang sesuai, maka akan seperti rumah pada umumnya. Keberadaan rumah ini sejak awal sudah diminati oleh banyak orang, apalagi yang sudah tercover dalam sebuah set perumahan. Tinggal menempati, kalaupun membeli lahannya, bisa mencampurkan dengan desain sendiri.

Untuk memiliki rumah yang kecil, kita harus benar-benar ahli dalam mendesain. Mulai dari desain interior dan eksterior. Salah-salah malah membuat rumah berkesan lebih sempit dan kurang nyaman. Padahal banyak aktivitas yang dilakukan di dalam rumah, jika rumah berkesan sempit, maka aktivitas tidak akan senyaman yang kita inginkan. Berikut adalah trik membuat rumah minimalis tidak sempit :

  • Mendesain interior dan eksterior rumah dengan banyak kombinasi warna. Jika menggunakan satu kombinasi warna maka akan membuat ruangan menjadi semakin sempit. Salah satu caranya adalah membedakan warna cat dinding dengan warna dekorasi lainnya.
  • Mengecat dinding dengan warna cat dinding yang terang. Hal ini penting, karena warna gelap selalu memberikan kesan ruangan menjadi lebih sempit.
  • Membuat rumah agar tampak tidak sempit bisa dilakukan dengan penataan perabot di satu grup atau di satu sudut saja. Peletakannya pun seharusnya jauh dari dinding. Jika peletakkan perabot menyeluruh di semua ruangan, maka akan membuat ruangan rumah menjdi sempit.
  • Membangun rumah dengan model Tematik, yang akan populer di tahun 2018, menjadi alternatif tersendiri untuk memberikan sentuhan desain rumah yang bertema. Jadi tidak menggunakan warna yang asal-asalan atau perabot yang asal-asalan, tetapi menggunakan perabot tertentu yang mendukung tema. Hasilnya pun akan menghindarkan penggunaan perabot yang berlebihan.
  • Tidak menggunakan tirai atau korden yang terlalu pendek, misalnya sepanjang ¾ saja. Ini akan membuat rumah menjadi terkesan sempit. Sebaiknya memasangkan korden yang panjang dan terpasang agak tinggi dari jendela. Trik ini akan membuat rumah berkesan lebih tinggi.
  • Penggunaan lampu juga akan membuat rumah terkesan luas. Bisa menggunakan lebih dari satu lampu untuk satu ruangan. Lampu-lampu ini akan menerangi ke seluruh sudut ruangan.

Tips membuat rumah lebih luas adalah hal wajib. Mengingat gaya rumah minimalis memang menjadi gaya rumah yang favorit kini. Kefleksibelan dari rumah ini akan membuat gaya rumah minimalis banyak digandrungi. Jika rumah sudah jadi, maka akan membutuhkan biaya lagi untuk memperluasnya. Maka dari itulah ada trik tersendiri yang lebih mudah.

 

0 Komentar