Bingung memilih handphone? Tak perlu merasa gaptek, karena bukan hanya Anda, namun banyak orang mengalami hal serupa dengan Anda. Tentu masing-masing orang beda masalahnya, tapi banyaknya jenis smartphone dengan berbagai model dan spesifikasi serta cepatnya perubahan model dalam setiap tahunnya menjadi fakfor dominan dalam hal ini. 


 

Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi digital telah memberi pengaruh makin semaraknya persaingan antar produsen smartphone dalam menciptakan produknya. Masing-masing produk menawarkan keunggulannya sendiri-sendiri, layak dinikmati calon konsumennya. Oleh karenanya, sebagai konsumen Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal yang penting untuk diperhatikan sebelum memilih ponsel. Masing-masing orang akan beda pertimbangannya, bisa dengan pilihan bentuk yang lebih besar, baterai dengan daya tahan yang lama, kualitas kamera, kapasitas penyimpanan, atau bisa juga model yang lebih elegan.

Masih bingung memilih smartphone? Mengutip Digital Trends, berikut setidaknya 6 hal yang perlu Anda jadikan pertimbangan dalam memilih ponsel yang tepat sehingga sesuai dengan kebutuhan Anda.
 

1. Sistem operasi


Kini, ada 2 sistem operasi yang cukup dikenal dan banyak digunakan oleh penikmat ponsel pintar, yakni sistem Android dan iOS. Ada perbedaan antara kedua sistem operasi tersebut, Anda bisa memilih sesuai dengan keperluan dan aktivitas Anda sehari-hari.

Untuk iOS, Apple menawarkan pengalaman yang lebih seragam dan dilengkapi dengan sistem keamanan yang unggul. Aplikasi yang bisa diunduh dari App Store pun dikenal memiliki kualitas yang lebih baik. Jika Anda sudah memiliki MacBook atau iPad, mungkin iPhone akan lebih cocok untuk digunakan. Aksesoris untuk iPhone juga sangat banyak ditemui.

Sementara pada Android menawarkan lebih banyak opsi penyesuaian dengan layanan aplikasi Google seperti Maps, Mail, serta Documents yang baik di dalamnya. Android juga tersedia di dalam banyak perangkat, berbeda dengan iOS yang hanya tersedia untuk iPhone.


2. Desain


Pertimbangan yang satu ini mudah saja dilihat secara kasat mata. setiap perangkat memiliki desain dan model yang berbeda, Anda bisa memilihnya sesuai dengan preferensi Anda. Ada orang yang menyukai model dengan bentuk yang besar atau sebaliknya. Jika Anda lebih menyukai ponsel dengan desain yang lebih kecil, yang bisa dipegang hanya dengan satu tangan, maka pilihlah ponsel yang mempunyai layar tidak terlalu besar.

Menyangkut bahan, saat ini banyak ponsel yang terbuat dari material kaca. Ponsel yang demikian tentu rentan terhadap noda dan tidak salah jika mudah pecah. Hal ini bisa Anda jadikan pertimbangan, apakah cocok atau tidak. Pertimbangkan lain, misalnyapula pemakaian sidik jari pada ponsel, apakah Anda menyukainya atau tidak. 
 

3. Ukuran Layar


Ukuran layar wajib Anda pertimbangkan sebelum memilih ponsel, pasalnya Anda tentu akan banyak menghabiskan waktu sampai berjam-jam menatap layar ponsel. Oleh karenanya, tentukan terlebih dahulu ukuran layar yang tepat dan nyaman bagi Anda. Jangan lupa pilih layar yang dilengkapi dengan resolusi tinggi. Layar yang baik adalah setidaknya Full HD, yang umumnya 1920 x 1080 pixels, atau 2160 x 1080 pixels jika ponsel memiliki rasio aspek 18:9.

Layar OLED juga memiliki kontras yang lebih baik dengan warna hitam yang lebih gelap daripada layar LCD. Layar OLED sendiri dapat ditemukan dalam Apple iPhone X dan sejumlah seri Galaxy dari Samsung.
 

4. Performa


Performa ponsel yang baik pada umumnya ditentukan oleh dua hal, yakni prosesor dan RAM. Prosesor generasi terbaru dikenal lebih baik dalam hal kecepatan dan efisiensi daya. Sama halnya dengan RAM, Anda mungkin akan membutuhkan memori penyimpanan yang lebih besar jika mempunyai galeri dan data banyak yang perlu disimpan. 
 

5. Kualitas kamera


Kamera pada ponsel pintar telah berkembang dengan sangat pesat di beberapa tahun terakhir ini. Sebagai catatan, kinerja kamera yang baik lebih dari sekadar megapiksel yang tinggi. Biasanya orang-orang memiliki preferensi atau pilihan mereka sendiri mengenai kamera.

Bagi mereka yang menyukai hasil kamera dengan pencahayaan yang lebih elegan, iPhone dapat menjadi pilihan baik. Sedangkan hasil kamera Android cocok bagi mereka yang ingin mendapatkan hasil kamera yang tajam. 
 

6. Daya baterai


Saat ini, baterai dengan sistem lepas pasang adalah barang yang langka. Mau tidak mau, Anda harus benar-benar teliti dalam membuat pertimbangan mengenai daya tahan baterai ponsel seperti apa yang Anda butuhkan.

Peringkat mAh akan memberikan Anda beberapa indikasi mengenai daya tahan ponsel, namun kapasitas tersebut juga dapat dipengaruhi oleh ukuran layar, resolusi, serta perangkat lunak yang ada di dalam ponsel.

Nah, itulah 6 pertimbangan penting bagi Anda yang akan memilih HP untuk mendukung kegiatan keseharian Anda. Pilih yang sesuai dengan aktivitas Anda, agar bisa lancar dan hemat. Jangan salah pilih ya! 




0 Komentar